Mengubah Struktur Dunia

Refleksi Panggilan Jiwa

Den Haag, 13 Desember 2013

Neoliberal

Ceritanya kemarin saya mendapatkan nilai akhir thesis saya dan melengkapi angka-angka di transkrip. Praktis, hanya tinggal 3 hari lagi saya berada di negeri kincir angin. Memang bukan label cum laude yang saya dapatkan, karena memang tidak pernah direncanakan. Tetapi saya kira saya bisa bersyukur, di tengah aktivitas yang dinamis, nilai memuaskan bisa saya raih. setidaknya angka di nilai akhir terbilang cukup untuk menjadi landasan pertimbangan studi lanjutan.

Banyak hal yang saya dapatkan selama 1.5 tahun berkuliah di kampus yang dikenal anti-mainstream, kritis, dan cenderung kiri ini. Apa yang saya suka dari kampus ini adalah kesempatan untuk melihat dunia dari berbagai lensa, pemahaman bahwa tiada konsep yang mutlak, dan pengertian kalau dunia ini berubah dan bergeser. Sebagai seorang pelajar, saya menikmati semua proses diskusi dan debat yang membuat wacana di otak semakin berkembang.

Setidaknya saya menjadi paham kalau cara terbaik untuk memahami kapitalisme adalah dengan membaca…

View original post 469 more words

Leave a Reply

