Lho,, katanya ONLINE?!

tadi abis ngetwit tentang ini,  ternyata cukup panjang. jadi gw tulis lagi disini biar lebih detail.

jadi, hampir dua bulan ini gue buka outlet di Kerfur. kalo jualan disana semua pembeli bayar dikasir. jadi uang gue gabisa langsung muter, gabisa langsung dinikmati, tapi masuk ke Kerfur dulu. bagusnya sih pegawai kemungkinan mainin uang jauh lebih minim.

cara menebus uangnya adalah: setiap kurang lebih sepuluh hari ada yang namanya inventory. nah, disaat itu penjualan kita kan dihitung totalnya. kalo gue perhatiin sih kalo jualan lo banyak rupa biasanya suka ada lebih kurang, kalo sejenis selalu tepat. cuma gue biar ga ribet asal total uangnya ga lebih dikit gue terima aja. karena pasti ribet kalo mau koreksi (dari awal kita semua tau administrasi dan biriokasi di Indonesia ribet).

nanti biasanya bakal dikasih DAILY SALES, nah disono kita cek bener ga rinciannya. kalo OKE, kita bikin SURAT JALAN yang harus di CAP untuk menebus RECEIVING REPORT. dua biji ini nantinya akan dibawa ke Head Quarter (HQ). di HQ kita ngisi INVOICE dan KWITANSI (kadang bermaterai 6000 ( > 1jt) atau 3000 ( > 250 rb tapi < 1 jt) atau tidak jika dibawah 250 rb). setelah data masuk maka akan di VERIFIKASI, kalo salah akan dihubungi dan disuruh ulang (damn!). kalau lancar maka sekitar 10 hari kerja uang akan masuk ke rekening kita, akan tetapi karena bank nya berbeda maka bisa makan waktu maksimal sekitar tiga hari.

agak nahan napas yaa prosesnyaa.. hahah..

LALUUUU… gue denger ada yang namanya ONLINE. online di sponsori oleh pihak ketiga bernama ASYX, YANG TERNYATA BERBAYAR SEKITAR 100 atau 200 ribu pertahun. HIHHH!!!. online di otak gue adalah: gue buka internet, klik klik lucu, kirim dan uangnya langsung di transfer ke rekening gue. right? dont you?

ternyata, gue dapet email + DUA manual (kebayang ga sih bakalan ribet). tiap ada inbox di web asyx maka gue set agar gue juga dapat notif di email. pertama bakal dapat PURCHASE ORDER – RECEIVING ADVICE – PROFORMA INVOCE (edit) – INVOICE. setiap tahap ada pilihan tolak atau terima, kalo proforma invoice udah oke maka kita edit (isi) beberapa kolom kosong, lalu save – send – invoice – print. NAH, gue pikir siksaan hampir berakhir ternyata gue tetep harus ambil SURAT JALAN DAN RR ASLI (di outlet) dan dibawa ke HQ trus bikin kuitansi.  JADI GUE MAU NANYA LETAK ONLINENYA ITU DIMANAAA??!!! yang ada kerjaan gue jadi double dan memakan biaya lebih.

kelebihan online: gue tau sedikit lebih cepat (in hours) kalo RR udah keluar, bisa gue cek detailnya, trus minta pegawai gw nebus (yg mana harusnya gausah ditagih tp otomatis disetor ke kita) & ga perlu ngisi invoice manual pas di HQ yg cuma selembar dan easy to do. apakah tu masih bisa dibilang sebagai kelebihan??😦 oia, kalo uang sudah sampai di rekening kita maka bakal ada notif PAYMENT REFERENCE DETAIL, dan ini juga ga perlu2 banget karena udah bisa pake sms atau internet banking.

Akuntan di kantor gue pernah bilang:

1. sistem penebusan uang itu memang dipersulit. karena pihak yang ngasih uang takut salah. karena uang yang keluar akan jauh lebih sulit ditagih untuk dikembalikan (couldnt be more agree)

2. sayangnya, keruwetan penebusan tidak diimbangi dengan pelayanan dan manual steps untuk melakukannya.

3. kalo ada koreksi, mereka cuma ngasih tau yang A salah pak. nah setelah si Pak kembali, A udah bener tapi ternyata B salah, jadi si Pak harus ngebenerin dan balik lagi. LHA TERUS KENAPA GA LANGSUNG DIKOREKSI AJA SEMUANYA JADI SI PAK GA PERLU BOLAK BALIK. sesama pegawai kok saling nyusahin.

padahal yang mau ditebus itu hak ybs. kok pake dipersulit. masukkin barang juga gitu sih, tapi ga sebikin parno buat nebus uang

yah, kurang lebih begitulah keresahan gue dalam menghadapi hal hal administrasi beginian. better luck!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s