Find The Right Job Vacancies

Terkadang kita tak akan mempercayai sesuatu jika kita belum mencobanya. Dan begitulah saya.

Saya masih awam di bidang ini. Tak ayal saya sering nanya temen2 tertentu ttg ini itu menyangkut hal ini.
Setelah tercampakkan dari jasindo saya tidak punya agen dalain di jkt. Akhirnya saya minta izin bokap utk memperpanjang kunjungan ke jkt hehe.. dgn semangat menggebu2 goal saya adalah apply dan mencoba bbrapa walk in interview lowongan kerja yg ada di salah satu harian nasional. Saya fokuskan pada Koran hari minggu dan sabtu (yang ternyata lebih banyak LowKernya daripada hari minggu). Bisanya say a apply utk marketing (bukan sales), hrd, dan MT.

Hari pertama, senin.
saya Cuma berhasil ketiga tempat yaitu di bilangan dr.sahardjo, karet dan rasuna said. Saya berangkat agak siang karena ke warnet terlebih dahulu.

Tempat pertama, mereka perusahaan exim (ekspor impor) & supplier. Mereka memang bukan yayasan, MLM atau outsourcing tapi saya diminta membayar 500.000 idr! Dan dapat dilakukan dgn 2 cara. Yaitu menjual salah 1 dari 6 barang elektronik yang dipasaran hanya bernilai 100 sekian / training 1 hari (terdiri dari psikotes, SPK, dan surat2 lainnya). Bisa cash / kredit dgn jangka waktu 2-7 hari. Gaji kotor yang ditawarkan 3,4-3,9 jt/bln. Kalau mau gampang mungkin ini termasuk mudah tetapi perusahaan ini tidak transparan. Saya hendak mengetahui rincian gaji + job desk saya nantinya tapi itu baru bisa diketahui setelah penandatanganan kontrak. Pewawancara saya juga memaksa saya mengisi form “tanda bersedia sementara” utk laporan dy ke manager HRD-nya, saya tidak mau. Dan saya tidak bisa mendapat jawaban jelas seperti gaji dan jobdesk misalnya dgn alasan tugas dia adl mewawancarai, dy takut disalahkan kalau ada apa2. Padahal dy staf fuc*** hrd! Dan menjual barang dgn harga 3x lipat/membayar utk my own SPK is non sense. Hwaa..nyesel bgt udah kesini!
Saya apply melalui sms. Baru kemudian dibalas dgn pemberitahuan alamat, how to get, nama perusahaan.

Tempat kedua, di menara selatan gd.sampoerna, karet.
Ternyata disana tempat pialang berjangka. Dan ada beberapa departemen (saya ga tau bedanya). pewawancara saya bilang, nanti saya akan ditempatkan disalah satu perusahaan member mereka yg ada di wilayah jabodetabek dan mempunyai latar belakang yang berbeda2, tanpa biaya apapun. Kalau dianggap sesuai saya akan dipanggil utk training selama 3 hari dgn materi yang belum tentu juga apa, tergantung sikon (agak aneh memang). Selama satu hari ini hanya disini saya yg paling sreg walau blm tau pastinya.

Nah,,sekitar jam 15.30 saya di telp oleh mbak2. Dy mnta saya utk dtg ke gedung diatas, sama persis. Saya bilang tadi saya sudah dtg dan wawancara dgn ibu anu dari dept 2, posisi sbg hrd. Saya pikir mereka melakukan kesalahan. dy Cuma bilang “ooh..soalnya disini blm ditandai”.
Keesokan harinya sekitar hampir jam 4, saya di telp oleh mas2. Minta dtg ke gedung yg sama, persis. Saya pun mengulangi pernyataan yg sama. Sampai disini saya minta dikonfirmasi apakah memang utk keperluan yg sama atau berbedajika memang ternyata berbeda maka saya akan datang. Kali ini saya diminta utk ke dept 3 menemui bpk anu di bagian financial. Ketika keesokan harinya saya telp balik ke nomor si mbak2 dan mas2, berkali2 tdk diangkat2. Agak kepikiran juga.

Setelah menganalisis, I found out that..
– Kedatangan saya yg pertama karena saya menelpon pewawancara pada minggu malam, dan dy katakan pada saya utk datang hari senin. Di iklan Hanya ada no telp, Tanpa alamat, tanpa email.
– Telp dari mbak2 dan mas2 saya asumsikan karena mereka menerima email apply-an saya. Dan saya tak bisa melacak mereka berasal dair email-an saya yang mana.
So, sepertinya perusahaan itu punya dept yang berbeda mengurusi calon2 pekerja. Cara kerjanya sendiri saya kurang paham.

Tempat ketiga, is the real outsourcing company, damn!! 500 rb utk staf, 2 jt utk spv dan 2 jt utk manajer. Matiii..sia sia sudah saya kesini.

Hari kedua, selasa.

Tempat pertama, di tangerang. Sebenernya jalannya gampang. Cuma karena salah belokan maka saya muter2 and spent more. Pas berhenti di depannya. Yakinlah sudah saya salah kesini karena ada spanduk “dibutuhkan sales marketing” padahal di iklan executive marketing. Disana juga diperlukan motor, saya punya tapi ga bisa haha..lagian saya ga mau jadi sales huhu..

Tempat kedua, di tangerang juga. The real outsourcing, again. Bayar 250 buat jadi member nanti akan di carikan pekerjaan sampai 10x dan seumur hidup. Gaji pertama dipotong 300rb. Dan syaratnya Cuma jadi member. Ya sama ajalaaaaaahhh..

Tempat ketiga, disamping rcti. Dan saya salah naik angkot yg malahberenti di bagianbelakang. Mungkin ada kali saya jalan 10’ dibawah gerimis mengandung. Dan sampai sana jam 13.00 wib. Dan pewawancaranya telah pulang karena ada urusan, itu perusahaan advertising. Sebenernya menurut saya itu Cuma studio foto saja. Tapi mereka menawarkan posisi MT bahkan utk lulusan SMU. Ada2 aja ga siih.
Tadinya saya mau ke sudirman.tapi waktu terlalu mepet. Dan hari ini tidaklebih baik dari hari kemarin hiks.

Those tiring day give something:
– Dalam mencari pekerjaan lo mesti optimis, sabar dan selektif
– Jgn apply sama iklan yang kecil, ga ada nama perusahaan, alamat, no telp, web, email. Karena biasanya mereka outsourcing, MLM, dan yang semacam + aneh2 lainnya.
– Teliti sebelum membeli, cari tahu perusahannya terlebih dahulu. Jgn membayar utk sebuah pekerjaan KARENA jelas2 kita butuh pekerjaan, uang.
Saya setuju dgn opini salah satu speaker di seminar yg saya hadiri, beliau bilang “saya ga setuju kalo ada bursa kerja yang masuknya bayar, lha jelas2 yang nyari kerja butuh uang”. Kurang lebih begitu. Poinnya saya dapat. Ini sama saja kita menolong orang lalu kenapa mesti minta imbalan dan saya langsung teringat beberapa job fair berbayar. Thx god ada lowker OL 
– Walking interview biasanya ga bener. Kecuali utk perusahaan yg memang sudah ternama.
– Sesuaikan dgn kualifikasi yg dibutuhkan. Kalau lo S1 maka standar yg baik yg memang diperuntukkan utk S1 atau min D3. Kalau kurang dari itu, maka JANGAN. Karena akan berpengaruh ke gaji, menurunkan kemampuan lo. Dan kualifikasi lainnya, jgn asal, jgn maen apply, dan jangan menulis apa yg tidak benar ttg diri lo.
– Buat resume dan lamaran semenjual mungkin. Padat berisi jujur. Searching aja, banyak kok tips2 utk apply kerja.
– If you are good enough I suggest to focus in a certain company only.

Happy try then ^_^

Leave a Reply

