Asuransi Jasindo, si BUMN.

saat job fair biasanya semua yang berpotensi termasuk MT/MDP saya apply. waktu itu saya juga apply MDP jasindo yang sebenarnya jg saya tak tahu itu apa. waktupun berlalu dan sekitar sebulan setelahnya ada sms yang meminta saya utk me-reply dgn mengkonfirmasi email saya. yupp,,dari jasindo yang mengundang saya utk mengikuti tes tahap 1 yaitu utk tes TPA, umum, b,inggris. Sayapun belajar dikit2 dan browsing terutama soal2 TPA.

Tes tahap 1.

Ternyata yang di tes ada 2600-an, dari berbagai kota. Jadi, ini seperti PNS, yang apply semua ikut tes. Cuma ini versi yang lebih sederhana ga seribet kalau daftar cpns. Cukup cv, foto, fotocopy ijazah dan transkip.

Sabtu pagi saya kebagian tes di sebuah gor di kuningan, jkt. Tes berjalan dgn lancar. Soalnya ternyata ga sesulit yang saya takutkan tapi tetap aja sii ada yang ga keisi haha.. Saya sii nothing to lose, yg ga bisa saya nembak acak setelah semua soal berakhir. Ternyata kalau tes gini pake baju bebas casual jg cukup haha..saya malah masih pakai sandal jepit (belum ganti sepatu) walau pakaian sudah rapi.
Jam 7.20 saya sudah sampai. Setelah daftar ulang, persiapan dan ngemeng2 gitu (red: cara ngisi dsb), tes dimulai pukul 8.30 – 12.00 wib. Saya sendiri sebelum jam 12 sudah selesai. Setelah itu nanya jalan ke satpam how to get bdg, sholat, beli strawberry bliss (yg seger abis) & creamy soup (yg ternyata encer) di kfc lalu menuju gambir. Great, I miss the train!! Untung blm beli tiket, gara2 naik busway, cuma telat 2’ pemirsa (hikshiks..) akhirnya gue mesti ke cililitan. Setelah melalui perjalanan jauh sampai di tempat tujuan di dago jam 20.00 wib.

For a while I forgot about the test.

Seminggu kemudian akhirnya saya sempat juga membuka http://www.jasindo.co.id, wah sudah ada pengumumannya, saya donlot, ctrl F dan yap itu nama saya! Hoho..senang2 gmn gitu karena emg ga ngarep banyak kecuali bonyok hehe..

Tes tahap 2.

Tes ini terdiri dari psikotes (I hate psikotes!) dan FGD. Kalau tahap ini lolos maka baru wawancara psikotes.
Target dari awal sii harus lolos. Gue ngarep dapet nilai besar di FGDnya. Kalo psikotes mah ga bisa maksa soalnya di psikotes kan ga ada benar salah. Disini gue Cuma belajar cara menggambar yang baik (buat psikotes) hahah..

Kamis, 19 nov 09, jam 08.00 diharuskan hadir di kantor pusat jasindo. Jadi yang tes darimana2 itu ada yang dari jkt, bdg, Surabaya, dan mungkin ntah dimana lg. saya terlambat sekitar 10’. jadi saudara2, saya harusnya turun pas di patung pancoran bukan di jln MT.haryono yg jadi patokan saya. Akhirnya saya terbawa sampai uki dan muter lagi. Untung saya nanya sama ibu2 yang duduk disebelah how to get jadindo. Kacaunya si ibu bilang wah itu dikuningan! Damn, daerah mana pula itu. Pasa saya bilang yangdi mt.haryono bu,,oOohh..itu yang disitu kali. Kalo gitu mbak turun disini naik bus 46. Bus yang waktu di daerah grogol saya curigai justru bus yg lebih tepat saya naiki (saya naik p6 bawah, ke rambutan ga lewat tol). Saya agak kalut. Secara ini udah macet gila, Jam 8 kurang dikiit, dan gue bener2 gtw arah. Karena agak kalut akhirnya saya sms teman, jayadi. Jay, dari sini (saya lupa waktu itu ada dimana) dari pancoran berapa lama??. Pas sms baru aja terkirim si kenek bilang pancoran pancoran. akhirnya! karena gue duduk dekat pintu tengah, saya keluar dgn mudah (waktu itu bus penuh dan saya ga bisa liat jalan malah) dan di depan mata pas ada tulisan JASINDO KANTOR PUSAT maaaaann,,gue langsung bilang kiri bang hahayy..thx god!
Untungnya, seperti perkiraan saya, tes blm mulai karena masih mengurusi hal teknis seperti masih pada ngisi riwayat hidup, nomor peserta, cara ngisi, tes apa aja, dll. Btw, sayaheran kalau psikotes pasti di Tanya suku. Saya gtw ini buat memahami ybs secara menyeluruh & memakluminya atau kalau suku tertentu tidak akan diterima. Ntahlah.

Tes pertama tes kepandaian tapi dgn batas waktu. Karena yg pertama saya ga ngeh maka saya agak telat. Tetapi setelah itu ngerjainny agak deg2an haha..yg paling seru pas tes yg ngitung satu lbr kertas Koran. Biasanya gue dikasih kertas Koran yang ada angka, disuruh jumlahin dari atas sampai bawah sampai lembar berikutnya. And its totally sucks! Yang sekarang agak beda. Cuma ada sehalaman, ngitungnya dari bawah ke atas, dan ada latiannya dulu. Jadi, kita mesti ngisi perkolom sesuai dgn waktu yang telah ditentukan. Nah, adrenalin gue terpacu disini. Gue tau sii ini nantinya akan membentuk grafik kerja. Dan gue seneng bgt kalo kolom yang sebelumnya lebih rendah dan kecewa kalo kolom sebelumnya lebih tinggi. Pas udah selesia gue cukup puas TAPi pas gue teliti ternyata gue missed satu kolom. Damn!! Ini artinya gue ga teliti.
Wahh,,udah mulai feel bad nii😦

Setelah itu FGD. Gue dpt kelompok 14. Ada 9 org. 6 wanita, 3 pria, yg ngawas ibu2.
Yg pertama studi kasus tentang siapa saja org2 yg perlu diselamatkan di sebuah Negara yang terlibat perang, aneh2 deh orangnya. As usual gue pake logika. Ada yg pakai perasaan dan orientasi reproduksi. Cukup seru berbantah2an tapi sayang pas waktu kami habis blm ada konklusinya.
Yg kedua studi kasus tentang ekonomi, jual beli pesawat, investasi. Dan dodolnya gue bener2 tumpul disini padahal gue anak ekonomi gitu (sosek sii), parrraaaahh… Ujung2nya kami pa cepet2 bikin pesawat ho0o..
Nah, saat FGD ini gue menyadari beberapa kesalahan.

Kami selesai sekitar pukul 14.00 wib. Hujan turun. Ketemu uwi dan eka (tmn seangkatan) pas mau sholat. Ga jadi ke kfc dan kami kelaparan sampai jam 17.30 wib. Jadi kami disuruh nunggu hasilnya Karena ga akan d isms, telp atau bahkan ada di web. Pas menunggu pengumuman, gue udah rada hopeless. Ngerasa ga enak aja. Sempet ngoceh2 jg “hah kalo udah gini lolos mah gpp”, yang lain pun udah bete dan berkata serta berpikiran serupa haha..

Jeng jeng..nama saya memang ga ada  Dari 300 org yang dipanggil hari ini, yg datang 250an. Yg lolos 60-an. Cuma uwi, mega dan alfa (teman 1 grup) yg lolos. Ternyata cukup kecewa, soalnya sudah sampai tahap ini gue udah mulai ngarep huhu.. dan lama2 setelah direnungkan ya memang kecewa hehe..

Dari hasil ini ada beberapa poin yang bisa saya garis bawahi:

1. Kalo psikotes memang harus tenang, udah makan, be yourself dan banyak2 doa.
2. Kalo FGD. Lo harus persuasive. Usahakan yakinkan kelompok dan buat mereka setuju dgn lo. Mereka hrs seiya sekata dgn lo! Lo harus bisa nge-lead kelompok tersebut, tanpa harus jadi pemimpin. Lo harus solutif, menyediakan jalan keluar. Lo harus didengar, tenang dan tampil baik.
3. Di FGD simpan sikap2 yang kira tidak akan disukai perusahaan haha.. (gue ga bisa jelasin dgn gamblang, tapi pembaca bisa kira2 lah yaa..). kemaren si gue memang agak over PD dan a lil bit songong heu..(maafkan hambamu ya 4WI). Oya..berfikir optimis & positif, jgn sotoy.
4. Lo harus senatural mungkin. Goal lo adalah tampil sebaik mungkin BUKAN memenangkan psikotes / fgd.

Gud lak for you and for me. Salud!

2 thoughts on “Asuransi Jasindo, si BUMN.

  1. pengalaman memang sangat berharga, gw salut dengan perjuangan U gw jg temasuk peserta yang di test cuma naas nya gw KO di awal test. yamungkin dengan kemampuan gw yang alakadarnya… ambil hikmahnya ja Sob…

    Like

Leave a Reply

